Cara Budidaya Ikan Nila System Polikultur 

Cara Budidaya Ikan Nila System Polikultur 

Budidaya Ikan Nila System Polikultur System polikultur yaitu pemeliharaan dengan kombinasi dalam satu kolam dengan type ikan yang beda serta masih tetap type ikan mengkonsumsi serta berlainan dengn monokultur. Pemeliharaan kombinasi ini ditujukan supaya kolam bisa digunakan dengan maksimal, hingga bisa didapat kurun waktu yang sama. Satu diantara prasyarat pemeliharaan kombinasi yaitu mesti diambil satu diantara type ikan yang bukanlah adalah pesaing atau semasing sama-sama berebut makanan, Hal semacam ini yang perlu dijauhi. Ikan nila pemeliharaannya bisa ditumoangsarikan dengan ikan lele dumbo, ikan mas, atau ikan tawes. Dalam satu kolam dapat terdri dari 4 jenis ikan. Yakni :

• Nila

 • Lele dumbo

• Ikan mas

• Dan Ikan Tawes
Nila merah dengan tawes, nila merah dengan mas, nila merah dengan lele dumbo. Di bawah ini kita juga akan melihat budidaya ikan nila system polikultur yang dapat Kamu cobalah.

Budidaya Ikan Nila System Polikultur

Menurut riset litbank, nila merah begitu baik digabung dengan lele dumbo, karna ke-2 ikan ini dapat sama-sama lengkapi. Seperti di ketahui kalau ikan nila merah dapat hidup di permukaan air, karna dengan alamiah makanan ikan nila merah ini juga akan selalai mencari sisi air di mana cahaya matahari masih tetap bisa menerangi air kolam.

Sedang lele dumbo rutinitas hidupnya lebih sukai dibagian basic kolam serta ditempat gelap, dengan hal tersebut lele dumbo mencari makanan di basic kolam. Kadang-kadang memanglah lele dumbo memanglah memperlihatkan tubuhnya di permukaan serta selang beberapa saat turun ke bawah sekali lagi, hal semacam ini dikerjakan cuma untuk memperoleh oksigen, serta sesudah di bisa mereka kembali pada basic kolam. Karna ada ketidaksamaan sifat ke dua ikan itu, jadi bila ditumpangsarikan juga akan pas. Tidak berlangsung persaingan perebutan kekuasaan, tidak berlangsung persaingan perebutan makanan. Karna pola hidup ikan lele di basic kolam, jadi ikan nila merah akan tidak sempat pernah untuk membuat sarang untuk memijah, Bila nila merah membuat sarang di basic kolam pastinya akan dirusak oleh lele dumbo, hingga juga akan untungkan untuk pemlihara ikan, dengan tidak lakukan perkawinan daya ikan nila malah juga akan tersimpan pada badan, Serta dengan hal tersebut juga akan segera gemuk.

Sebagian Step Budidaya Ikan Nila System Polikultur Bagian yang butuh dikerjakan berkenaan pemeliharaan system polikultur ini pada hakekatnya sama juga dengan system atau langkah monokultur. Persiapan kolam yang mencakup :

• Pemrosesan tanah,

• Saluran air

• Pematang

• Pembuatan kemalir

• Pemupukan

• serta Pengapuran

Padat Penyebaran Budidaya Ikan Nila System Polikultur Padat penyebaran system kombinasi pada ikan nila merah dengan ke tiga ikan yang lain yakni lele dumbo, tawes, serta ikan mas, seperti :

• Nila merah dengan lele dumbo

• Nila merah dengan ikan tawes

• Nila merah dengan ikan mas

Untuk penyebaran kita ambillah saja yang masih tetap memiliki ukuran pada 8-12 cm dengan prosentase nila merah 70%, ikan mas 10%, lele dumbo 10%, serta tawes 10%. Umpamanya luas kolam pembesaran 100 m2 dengan padat penyebaran 20 ekor/m2 (kombinasi), jadi dalam satu kolam butuh di isi 2000 ekor kombinasi 4 ikan itu. Semasing ikan jatah penyebaran ikan nila 1400 ekor, ikan mas 200 ekor, lele dumbo 200 ekor, ikan tawes 200 ekor. Penyebaran benih bisa dikerjakan dengan dengan, terkecuali lele dumbo. Karna lele dumbo pertumbuhannya lebih cepat, penyebaran dikerjakan 2 bln. sesudah yang beda, agar pemanenan bisa dikerjakan dengan serentak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *