harga kayu

Kontruksi Bangunan Bahan Kayu Kelapa

Kontruksi bangunan dengan dominasi kayu kelapa nampaknya kembali jadi pilihan untuk beberapa orang-orang di lokasi pesisir pantura Kabupaten Indramayu sisi barat (Inbar).

Pemakaian type Harga kayu bernama latin Cocos Nucifera ini, menyusul harga beragam type kayu keras yang lain yang sekarang ini telah dipandang terlalu mahal.

harga kayu

Tukang bangunan asal Kecamatan Kandanghaur, Narjo mengungkap, bahan bangunan dari kayu kelapa memanglah jadi alternatif pilihan untuk orang-orang. Saat harga kayu rimba terakhir semakin mahal.

Seperti kayu Jati, merbau, ulin, kamper ataupun kruing yang harga nya diatas Rp 6 juta pe rmeter kubik. Sedang kayu kelapa kwalitas super cuma dikisaran Rp 2 juta-Rp 2, 3 juta per mtr. kubik.

“Kayu kelapa makin disukai orang-orang karna harga nya lebih murah serta relatif kuat dan tahan lama untuk jadikan bahan bangunan, ” kata dia pada Radar Indramayu.

Sejatinya, ungkap Narjo, pemakaian kayu kelapa untuk kontruksi bangunan tidaklah hal aneh. Beberapa orang tua jaman dahulu, lebih suka pada bambu jadi bahan kontruksi kuda-kuda pada atap bangunan.

Hal tersebut tidak lepas dari kwalitas, ketahanan dan ketersediaan kayu kelapa yang cukup melimpah. Tetapi, mulai sejak satu tahun lebih paling akhir, ramainya kontruksi bangunan alternatif seperti baja ringan membuat pemakaian kayu kelapa menyusut.

“Tapi rupanya beberapa orang telah mulai berfikir balik ke waktu kemarin. ingin suatu hal yang alami, murah serta berkwalitas. Kayu kelapa pada akhirnya jadi pilihan, ” jelas Narjo.

Sayangnya, sambung dia, penjual harga kayu kamper kelapa berkwalitas di lokasi Kabupaten Indramayu hampir tak ada. Pemakaian kayu kelapa lokal tidak dianjurkan karena mutunya kurang mumpuni.

Warga yang menginginkan membelinya mesti pesan dahulu pada beberapa pedagang yang berada di lokasi Jawa Tengah ataupun Sumatera.

Mengenai keunggulan kayu kelapa itu juga di sampaikan H Unang, entrepreneur kuliner. Diakuinya tambah baik pilih kayu kelapa jadi bahan bangunan dibanding kayu rimba yg tidak tahan lama serta harga nya mahal.

“Rumah yang tengah saya bangun saat ini semua memakai kayu kelapa dari pohon yang telah tua. Saya berniat pilih kayu kelapa dari Sumatera yang mutunya super. Yang telah tua dapat bertahan beberapa puluh th., ” tuturnya.

Di Sumatera, kayu kelapa jadi sumber kayu alternatif baru. Barangnya datang dari perkebunan kelapa yang telah tidak hasilkan sekali lagi buah.

Pohon-pohon kelapa yang dipakai jadi bahan bangunan itu rata-rata berusia 60 th. ke atas. Karna tua, hingga tidak berbuah sekali lagi hingga umumnya juga akan ditebang serta ditukar dengan bibit pohon yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *