Penyebab Batuk Kering Tidak Berdahak

Batuk merupakan penyakit yang sangat sering menyerang manusia, akibatnya banyak orang yang sering menganggap penyakit ini hanyalah permasalahan sepele, padahal dibutuhkan cara mengobati dengan baik. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai penyebab batuk kering tidak berdahak yang dapat menyebabkan tubuh kita terserang batuk.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai batuk kering tidak berdahak, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai pengertian batuk. Batuk merupakan suatu kondisi dimana saluran pernafasan bagian atas dimasuki oleh benda asing. Benda asing yang dapat berbentuk kotoran maupun debu tersebut dapat mengotori saluran pernafasan yang sejatinya berguna unutk menghubungkan udara ke paru paru. Akibatnya jika tidak ditangani maka saluran pernafasan akan kotor, disinilah peran mekanisme batuk ini. Batuk yang terjadi tersebut merupakan respon alami system pernafasan untuk mengeluarkan benda asing tadi.

Berdasarkan jenis dahak yang dikeluarkan, batuk dapat dibedakan menjadi batuk berdahak serta batuk tidak berdahak atau yang biasa dikenal dengan batuk kering. Dibanding kedua jenis tersebut, batuk berdahak paling sering dijumpai di sekitar kita. Akan tetapi keduanya memiliki dampak buruk, jika tidak dilaksanakan penanggulangan yang baik. Berikut akan sedikit diulas mengenai penyebab batuk kering tak berdahak.

 

5 Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

  • Infeksi Pernafasan
  • Meningkatnya asam lambung dan Refluks Asam
  • Penyakit Serius / berbahaya
  • Effek Samping Obat
  • Reaksi Alergi

Batuk kering tak berdahak ini sangat berbahaya jika tidak segera dilaksanakan pengobatannya, disini pengetahuan mengenai cara mengobati batuk berdahak sangat lah diperlukan terutama bagi kalangan balita. Dengan mengetahui cara mengobati batuk berdahak pada balita yang benar dan baik maka kita sudah mampu untuk mengatasinya ketika suatu saat nanti terserang penyakit ini. Yang perlu diketahui bahwa cara mengobati batuk dibedakan antara bayi dengan dewasa, anak anak, balita, hingga ibu hami. Karenanya jangan sampai salah dalam memberi obat bagi penderita batuk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *