Pintu Gebyok Jati untuk Melengkapi Rumah Tradisional Maupun Modern

Pintu Gebyok Jati untuk Melengkapi Rumah Tradisional Maupun Modern

Pintu Gebyok Jati untuk Melengkapi Rumah Tradisional Maupun Modern

Pintu merupakan salah satu bagian pada rumah yang mempengaruhi bagaimana kesan orang yang berkunjung ke rumah. Pintu yang bagus tentu akan memberikan kesan yang baik pula di mata orang atau tamu yang berkunjung. Karena itu, pemilihan jenis dan desain pintu juga harus dilakukan dengan hati-hati. Apabila Anda ingin menampakkan kesan budayawan pada rumah, jenis pintu seperti pintu gebyok jati bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diambil.

Pintu gebyok yang beberapa diantaranya diproduksi menggunakan material kayu jati sebenarnya merupakan salah satu jenis pintu tradisional yang tempo dulu banyak diterapkan pada rumah-rumah tradisional. Karena memiliki nilai budaya sekaligus nilai seni yang kuat, jenis pintu ini hingga sekarang masih tetap dilestarikan, khususnya oleh mereka yang memegang kuat prinsip budaya setempat. Pintu gebyok biasanya ditempatkan pada pintu utama suatu rumah. Namun, kini pintu gebyok termasuk yang terbuat dari kayu jati juga dimanfaatkan sebagai pembatas antar ruang dalam rumah. Di Bali yang merupakan destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun asing, jenis pintu ini tidak hanya diterapkan pada hunian pribadi. Banyak losmen, homestay, guest house, atau sejenisnya yang dipasangi dengan model pintu gebyok. Karena itu, nuansa Bali bisa sangat terasa khas bahkan ketika pengunjung memperhatikan pintu masuk ke penginapan.

 

Pada awalnya hanya sedikit orang yang menerapkan pintu gebyok pada hunian maupun tempat usaha penginapannya. Namun, kini di banyak kota budaya yang menjadi kota wisata seperti Jogja dan Denpasar, penggunaan pintu gebyok semakin meningkat. Bahkan, di beberapa tempat terdapat rumah modern yang menggunakan gebyok minimalis untuk memperkuat kesan artistic sekaligus nilai budaya dari tempat terkait. Sesuai namanya, unsur minimalis pada gebyok sangat diperlihatkan dengan minimnya ornament ukir pada pintu gebyok. Sebaliknya, keunikan gebyok lebih ditonjolkan pada desain dan warna dari gebyok tersebut.

 

Karena tingginya permintaan terhadap produk pintu gebyok, pilihan pembelian gebyok ini juga semakin beragam. Untuk mereka yang menyukai koleksi barang lama dan antik, produk gebyok yang dipilih cenderung gebyok bekas. Harga gebyok bekas itu sendiri bervariasi. Untuk model atau desain yang unik, harganya bahkan bisa melebihi harga produk baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *